Hari Statistik Nasional Momentum Maknai Peran BPS untuk Pembangunan Bangsa

  Hari Statistik Nasional (HSN) 2023 menjadi momentum untuk memaknai pentingnya peran statistik bagi pembangunan bangsa.


Hal tersebut ditekankan Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Atqo Mardiyanto mengatakan pada peringatan HSN, Selasa (26/9/2023) di Jakarta.


HSN dikatakannya bukanlah momen perayaan milik BPS saja, namun merupakan hari penting dan bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia. Momen penting ini menjadi tumpuan Indonesia untuk menjadi bangsa yang kuat dan memiliki peran penting dikancah internasional.


“Kita pun dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dan statistik menjadi bagian penting dalam langkah perjuangan ini,” kata Atqo.


Peran BPS saat ini semakin luas ditingkat internasional antara lain dengan ditunjuknya Kepala BPS sebagai Chair for ASEAN Statistical Advisory Board Tahun 2023. BPS juga dipercaya sebagai tuan rumah dari empat kegiatan ASEAN dibidang statistik.


BPS juga menjadi co-Chair bersama National Bureau of Statistics of China dalam Forum Statistik China-ASEAN kesembilan. Selain itu, BPS sebagai leading country dalam pengembangan dan implementasi big data.


Salah satunya melalui pembangunan UN Regional Hub on Big Data and Data Science in Indonesia yang mencakup kawasan Asia Pasifik. HSN merupakan momentum untuk meningkatkan literasi dan edukasi mengenai pentingnya statistik kepada masyarakat luas.


Banyak capaian yang telah dilakukan BPS, antara lain pembinaan statistik sektoral pada Kementerian/lembaga melalui Evaluasi Pembangunan Statistik Sektoral (EPSS), pembinaan statistik sektoral ditingkat desa/kelurahan/nagari melalui program Desa Cantik.


Hingga akhir 2022 telah dilakukan pembinaan Desa Cantik di 2.262 desa/kelurahan di seluruh Indonesia. Selain itu dilakukan juga pembangunan Pojok Statistik hingga Agustus 2023 di 105 perguruan tinggi di 34 provinsi.


Pojok statistik ini bertujuan untuk meningkatkan literasi statistik di kalangan mahasiswa dan akademisi. Penganugerahan HSN 2023 merupakan puncak peringatan HSN 2023 yang digelar oleh BPS.


HSN 2023 mengambil tema “Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju”. Tema ini dipilih untuk menunjukkan pentingnya peran statistik dalam mewujudkan Indonesia Maju menyongsong Indonesia Emas 2045.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BNI Salurkan Dana Program Indonesia Pintar

Dukung Transportasi Ramah Lingkungan, BPTJ Serahkan Lajur Sepeda ke Pemkab Bogor

DAMRI Catat Layani Ratusan Ribu Penumpang JR Connexion selama 3 Bulan Merger